Selasa, 23 Oktober 2012



TUGAS ARTIKEL PENGANTAR BISNIS

NAMA : Mutiara Hikmah H
KELAS : 1EB17
NPM : 25212186 

Artikel 1


           
KEPUTUSAN PRODUK DAN HARGA

PRODUK
Konsumen membeli produk karena mereka menyukai apa yang dapat dilakukan produk tersebut kepada mereka, baik secara fisik maupun emosional. Suatu produk harus mencakup ciri khas yang tepat dan menawarkan manfaat yang tepat. Ciri khas (feature) produk adalah kualitas, berwujud dan tidak berwujud, yang ditanamkan oleh perusahaan ke dalam produknya

Klasifikasi Produk-produk Konsumsi terbagi menjadi tiga kategori yang mencerminkan perilaku pembeli:- Barang / jasa kenyamanan (convenience goods / services) adalah produk yang relatif tidak mahal yang dibeli dan dikonsumsi secara cepat dan teratur) contohnya susu, koran, restoran cepat saji.- Barang / jasa belanja : Produk yang cukup mahal dan lebih jarang dibeli seperti televisi, mobil dan asuransi.- Barang / jasa khusus, produk yang mahal dan jarang dibeli seperti gaun pengantin dan catering untuk resepsi pernikahan. 

Klasifikasi Produk Industri 

Terbagi dalam dua kategori yaitu barang biaya beban dan barang modal :

- Barang biaya beban adalah produk industri yang dibeli dan dikonsumsi secara cepat dan teratur dalam operasi sehari-hari misalnya barang industri yang langsung digunakan dalam proses produksi, bahan produksi pendukung, barang habis pakai.
- Barang modal adalah produk industri yang mahal, tahan lama dan jarang dibeli misalnya gedung kantor, pabrik, computer, jasa yang dibuat untuk komitmen jangka panjang misalnya jasa makanan karyawan, pemeliharaan gedung atau jasa hukum. 
Dapat disimpulkan dalam keputusan produk dan harga dapat ditentukan dari manfaat barang yang diinginkan konsumen dalam pemakaiannya.


Artikel 2

   Perusahaan & Lingkungannya

Perusahaan 

Suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang & jasa bagi masyarakat, mendistribusikannya, serta melakukan upaya-upaya lain dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan & memuaskan kebutuhan masyarakat.

Perusahaan sebagai suatu Sistem :

  Sistem adalah kesatuan atau unit yang terdiri dari sub-sub unit yang saling berkerjasama atau saling mempengaruhi secara langsung ataupun tidak langsung dalam mencapai tujuan tertentu


Sumber-sumber Ekonomi

Tanah dan Sumber Daya Alam
Tenaga Kerja
Modal
Skill (kewirausahaan)

Lingkungan Perusahaan

Lingkungan Umum

Lingkungan Khusus

Lingkungan Umum

Politik
Hukum
Sosial
Perekonomian
Kebudayaan
Pendidikan
Teknologi
Demografi

Lingkungan Khusus

Suplier
Konsumen
Pesaing

Pertanggung Jawaban Perusahaan, kepada:

Investor
Tenaga Kerja
Konsumen
Perantara
Pemerintah
Penyedia
Pesaing
Lembaga Penelitian
Lingkungan

Dapat disimpulkan Perusahaan merupakan Suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang & jasa bagi masyarakat seperti penyediaan Sumber daya alam bagi masyarakat dan perusahaan juga sangat berpengaruh terhadap lingkungannya. Dan perusahaan memiliki upaya dalam mendapatkan keuntungan dan mencapai tujuan tertentu. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar