Selasa, 25 September 2012

Tugas 1 Pengantar Bisnis

TUGAS ARTIKEL Pengantar Bisnis



Nama : Mutiara Hikmah H
Kelas  : 1EB17
NPM  : 25212186
Artikel 1
 Laju Pertumbuhan Perdagangan Kota Bekasi
Kota bekasi ini sebelumnya merupakan sebuah kecamatan dari kabupaten Bekasi yang kemudian berkembang dan ditingkatkan statusnya pada tahun 1982 menjadi kota administratif Bekasi yang saat itu terdiri atas empat kecamatan yaitu kecamatan Bekasi Timur, Bekasi Selatan, Bekasi Barat, dan Bekasi Utara, dan meliputi 18 kelurahan serta 8 desa. Di tahun 1996 kota administratif Bekasi kembali ditingkatkan statusnya menjadi kotamadya dan sekarang  menjadi "kota".
       Pada awalnya perekonomian Bekasi hanya berkembang di sepanjang jalan Ir. H. Juanda yang membujur sepanjang kurang lebih 3 km dari alun-alun kota hingga terminal Bekasi. Di jalan ini terdapat berbagai pusat pertokoan dan perbelanjaan yang dibangun sejak tahun 1978.
Pertumbuhan kawasan perdagangan terus berkembang hingga jalan K.H. Noer Ali (Kalimalang),dapat kita amati di sepanjang jalan ini banyak ruko ruko baru.dan di daerah Kranji, dan Harapan Indah. Beberapa pusat perbelanjaan di kota Bekasi diantaranya Mal Metropolitan, Mega bekasi Hypermal, Bekasi Square, Plaza Pondok Gede, Grand Mall, Bekasi Cyber Park, Bekasi Trade Centre, Carrefour, Giant, lotte mart, dan Hypermart. Dan sampai saat ini pertumbuhan perekonomian bekasi semakin meningkat,di sekitar Jl.Ahmad Yani telah dibangun beberapa apartemen apartemen dan baru -baru saja diresmikan tahun ini.
Selain itu pengembang Summarecon Agung juga berencana membangun kota mandiri Summarecon Bekasi seluas 300 ha di kecamatan Bekasi Utara. Dan dapat disimpulkan bahwa laju perekonomian kota bekasi sangat pesat, dari pertumbuhan kawasan perdagangan sampai dibangunnya bebeapa apartemen.
           
Artikel 2
Laju  Pertumbuhan Kontribusi Pendapatan Kota Bekasi
          Di daerah kab.bekasi tepatnya babelan kota, disana juga dijadikan tempat Pengeboran minyak bumi dan hasilnya pun sangat optimal, walaupun daerah kab.bekasi agak sulit mendapatkan air besih.
Pertumbuhan ekonomi merupakan indikator yang dapat menggambarkan kinerja perekonomian di suatu wilayah. Dari gambar kita dapat melihat laju pertumbuhan ekonomi Kota Bekasi yang terus meningkat pada periode tahun 2004-2006. Kecuali di tahun 2004, pertumbuhan ekonomi Kota Bekasi selalu di atas Jawa Barat dan Indonesia. Pada tahun 2005 dengan 5,65 %, LPE Kota Bekasi sedikit lebih tinggi dari Jawa Barat dan Indonesia dengan 5,62% dan 5,55%. Demikian pula pada tahun 2006 LPE Kota Bekasi yang mencapai 6,07% masih lebih baik dibandingkan Jawa Barat dan Indonesia yang hanya mencapai 6,01% dan 5,48%.
Sedangkan untuk tahun 2004 dengan 5,38% pertumbuhan ekonomi Kota Bekasi lebih tinggi dari Jawa Barat (4,77%) tetapi di bawah LPE Indonesia yang mencapai 5,50%.
Dari kontribusi tersebut dapat kita amati pendapatan daerah dari keberadaan kawasan-kawasan industri di kota ini mampu menjadi mesin pertumbuhan perekonomiannya, dengan menempatkan industri pengolahan sebagai yang utama, diikuti sektor perdagangan, perhotelan, dan restoran. Meskipun sedikit, lahan pertanian yang tersebar di bagian utara kota juga ikut menyumbang terhadap APBD (anggaran pendapatan daerah) kota Bekasi.
Sumber :  http://indrasjy.blogspot.com/2011/11/tugas-artikel-pengantar-bisnis.html

1 komentar:

  1. Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus